Peran Pemuda Dalam Menjaga Perdamaian

0
198

Perdamaian di dunia atau dalam suatu negara tak hanya menjadi tugas pemerintah. Generasi muda sebagai calon pemimpin di masa depan pun turut memiliki peran menciptakan dan menjaga perdamaian. Nah, kita sebagai generasi muda harus mengambil peran untuk menyelamatkan mereka dan menjaga perdamaian dunia. Meski tak bisa secara langsung berada disamping mereka, setidaknya kita berperan dimanapun kita bisa. Berikut peran anak muda dalam perdamaian:

1. Menjadi Orang yang Terdidik

Pendidikan kini menjadi hal yang penting bahkan wajib bagi setiap manusia. Melalui ilmu pengetahuan dan agama yang dimilikinya, para pemuda akan mempunyai bekal menjadi agent of change yang menjaga perdamaian dunia baik di lingkungan keluarga, komunitas, bangsa, hingga berkembang ke seluruh dunia. 

2. Berkembang Menjadi Generasi yang Berkarakter

Setiap pemuda juga bertanggungjawab untuk memperbaiki karakternya melalui pengembangan kualitas spiritual dan moral sebagaimana diajarkan dalam agama dimanan keadilan, kebenaran, kejujuran, sopan santun dan keyakinan menjadi poin yang penting.

3. Menghormati Orang Lain dan Hilangkan Prasangka Buruk

Populasi di seluruh dunia terdiri dari berbagai ras, budaya dan strata sosial/ekonomi. Saat mereka berkumpul dalam sebuah pertemuan atau konferensi yang terbuka bagi semua kaum muda, keberagaman merupakan simbol kepercayaan terhadap kesatuan umat manusia dan penghapusan semua bentuk prasangka buruk. Persatuan ini tentunya bertujuan untuk keharmonisan berbagai kalangan dalam sebuah kerjasama menuju tujuan bersama, yakni perdamaian. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here