Peringati Hari Pancasila, Kokohkan Semangat Kebhinekaan dan Persatuan

0
47

Setiap tanggal 1 Juni, Indonesia memperingati Hari Lahir Pancasila, momen penting yang mengingatkan kita akan dasar-dasar negara dan filosofi bangsa yang telah membimbing Indonesia sejak kemerdekaannya.

Pada tahun 2024, peringatan Hari Pancasila membawa semangat baru dalam mengokohkan nilai-nilai kebhinekaan dan persatuan di tengah tantangan zaman.

Hari Lahir Pancasila ditetapkan untuk memperingati pidato yang disampaikan oleh Soekarno pada tanggal 1 Juni 1945 dalam sidang Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI).

Dalam pidato tersebut, Soekarno mengusulkan lima prinsip dasar yang kemudian dikenal sebagai Pancasila, yang menjadi dasar filosofi negara Indonesia.

Tema peringatan Hari Pancasila tahun 2024 adalah “Mengokohkan Semangat Kebhinekaan dan Persatuan”. Tema ini mencerminkan pentingnya memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa di tengah berbagai tantangan global dan domestik yang dihadapi Indonesia saat ini.

Semangat kebhinekaan, yang menghargai perbedaan suku, agama, ras, dan budaya, menjadi landasan utama untuk membangun masyarakat yang harmonis dan kuat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here