Aktivitas Ini Bisa Bikin Kamu Produktif jadi Mahasiswa

0
22

Oleh: Syammas Zuzu

Menjadi mahasiswa tentu pernah mendengar istilah yang tidak asing, yaitu “KURA-KURA” “Kuliah Rapat – Kuliah Rapat” dan  “KUPU-KUPU” yaitu “Kuliah Pulang – Kuliah Pulang”. Mahasiswa yang seperti itu memiliki produktivitas yang berbeda lho!

Buat “Si Kura-kura” berbagai aktivitas kampus atau di luar kampus pasti diikuti dengan senang hati dan tanpa beban. Kalau “Si Kupu-kupu” lebih baik konsentrasi untuk belajar dan mendapat nilai yang bagus.

Nah, kamu bebas mau jadi yang mana asalkan tetap produktif! Simak tipsnya ya.

1. Organisasi Kampus

Bagi kamu yang suka bertemu orang-orang baru secara formal, kegiatan mengikuti organisasi di kampus bisa menjadi salah satu pilihan. Melalui organisasi kamu dapat disibukkan dengan berbagai rangkaian event kampus, kegiatan sosial dan program kerja. Mengikuti organisasi sangat cocok untuk meningkatkan produktivitas kamu, namun tetap jaga kondisi tubuhmu.

2. Mengikuti Unit Kegiatan Mahasiswa

Mahasiswa mana sih yang nggak punya hobi atau kegemaran dalam satu hal? Nah, bila kamu punya hobi mulailah daftar dan ikut di dalam unit kegiatan mahasiswa di kampus. Kamu akan dikelilingi oleh teman-teman baru yang memiliki kesamaan hobi, dari jurusan lain pastinya. Selain itu kamu juga dapat menorehkan prestasi yang membanggakan untuk diri sendiri.

3. Asisten Dosen

Menjadi asisten dosen jangan sampai terlewatkan, loh. Kegiatan ini cukup menarik, kamu lebih sering menghabiskan waktu dengan mengajar. Selain itu juga kamu akan lebih akrab dengan dosen dan mahasiswa yang kamu ajar. Buat kamu yang suka berbagi dan mengajar ini cocok banget.

4. Part Time

Part time atau kerja paruh waktu adalah aktivitas yang harus kamu coba sebagai mahasiswa. Part time tidak mengganggu kuliahmu karena jadwal yang diberikan biasanya akan disesuaikan dengan jadwal kuliah. So, jangan takut mencoba ya, karena ini juga meatihmu saat di dunia kerja nanti. Kamu juga dapat memulai part time sesuai dengan minat atau hobi kamu.

5. Menjadi Volunteer

Selain mengikuti kegiatan di dalam kampus sebagai mahasiswa juga perlu merasakan kegiatan di luar kampus. Salah satunya menjadi volunteer di suatu kegiatan sosial atupun event tertentu. Banyak kenalan dengan oran baru, mengasah skill-skill baru yang bisa kamu pelajari selama kamu menjadi volunteer, dan tentunya menjadikan kamu lebih produktif.

Diantara 5 kegiatan di atas bisa kamu coba lakukan agar masa kuliahmu lebih produktif dan mengurangi waktu rebahan kamu pastinya. Yang tidak kalah penting adalah berani untuk memilah pergaulan, karena pergaulan yang buruk akan memberi dampak negatif untuk kamu dan keluargatentunya. So, tetap semangat untuk tetap produktif ya menjadi mahasiswa.

Semoga bermanfaat ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here