Bincang Seru Mahfud MD: “Tuhan Saja Toleran, Masak Kita Enggak”

0
77

Dutadamaijakarta.id,Jakarta- Mantan ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD mengajak generasi muda untuk mengedepankan toleransi beragama dalam acara  ‘Bincang Seru Mahfud Md’ di Universitas Al Ahzar Indonesia, Jalan Sisingamangaraja, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat (12/7/2019).

Mahfud kembali mengingatkan sikap toleransi dan saling menghormati antar sesama warga Indonesia, sesuai semangat konstitusi dan ajaran ketuhanan. Menurut Mahfud, Tuhan selalu mengajarkan manusia untuk selalu toleran.

“Kalau saya orang Islam, hadirin sekalian ada orang Islam dan bukan orang Islam. Tapi Tuhan sendiri sangat toleran. Tuhan sendiri mengatakan ‘saya turunkan agama tapi kamu jangan memaksakan orang lain untuk beragama sepertimu’,” kata Mahfud.

Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) itu pun menjelaskan bahwa Ajaran ketuhanan yang mendasar adalah bagaimana bertoleransi terhadap pemeluk agama lain. Ajaran itu terwujud dalam agama-agama. Untuk mendorong nilai toleransi dan nilai-nilai lain Pancasila, kata dia, pihaknya akan terus intensif menginisiasi diskusi-diskusi kepancasilaan di berbagai kampus dan komunitas. Topik yang dibahas tentang penguatan nilai Pancasila dan pelaksanaannya.

“Menurut orang-orang yang sudah sering melancong keluar negeri, kesimpulannya itu paling enak kehidupan beragama itu di Indonesia, paling enak ber-Islam itu di Indonesia. Karena di sini ada kedamaian dan itu harus dipelihara agar anak-anak milenial itu tetap punya sikap kemanusiaan yang berdasarkan pada kekuasaan Tuhan yang Maha Esa,”

Karena itu, Mahfud menegaskan, jangan ada pemaksaan atau tindakan semena-mena kehendak mayoritas. Jangan sampai kita pecah dan perang antar saudara sendiri. Cerita dari negara-negara konflik itu sangat menyedihkan dan terpuruk. Lebih lanjut Mahfud mengajak milenial jangan merasa istimewa. Berbeda-beda, menurut Mahfud, adalah rahmat dari Tuhan. (dutadamaijakarta/Haydar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here