Duta Damai Jakarta Ngabuburit Online Bareng Duta Damai Kalsel Bahas Kartini Masa Kini

0
153

Duta Damai Dunia Maya Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) regional DKI Jakarta bersama Duta Damai regional Kalimantan Selatan mengadakan ngobrol asik sekaligus ngabuburit melalui live instagram, pada Rabu (21/4/2021).

Dengan mengangkat tema bertajuk “Kartini Masa Kini”, acara yang menghadirkan Koordinator Duta Damai dari dua wilayah tersebut berlangsung seru. Masing-masing narasumber memberikan pendapatnya mengenai Kartini masa kini.

Dalam pandangan Koordinator Duta Damai Jakarta, Aulia Trisia, Kartini masa kini adalah tentang bagaimana seorang wanita dapat menyuarakan pendapatnya, dapat mengemukakan hal yang ingin disampaikan dan memiliki kesempatan yang sama untuk menentukan pilihan, memiliki kesempatan bersama dalam memimpin.

“Tentunya kemerdekaan wanita dalam sosial dan pendidikan berkat perjuangan ibu kita Kartini. Peringatan jasa pahlawan RA Kartini semestinya tidak hanya dilakukan pada tanggal 21 April saja, melainkan kapanpun kita dapat memperjuangkan dengan hak-hak perempuan dengan segala cara yang dimiliki masing-masing,” ujarnya, Rabu (21/4/2021).

Aulia menambahkan, mengenang Kartini tidak hanya sebatas mengadakan peragaan busanan kebaya, memakai konde, ataupun mengadakan pawai untuk bisa kita lakukan adalah mencontoh kecerdasan, keberanian dan semangat Kartini untuk selalu memperjuangkan harkat dan martabat perempuan.

Sebab, kata Aulia, secantik-cantiknya perempuan adalah ketika ia mampu berbuat baik terhadap sesama, sanggup melakukan hal bijak dan bisa memperlihatkan kerja konkret.

“Cantik itu berani punya mimpi dan ambisi, tapi juga punya kemurahan hati dan empati. Selamat hari kartini untuk perempuan masa kini,” tandas Aulia.

Sementara itu, Duta Damai Kalimantan Selatan, Ralin menuturkan bahwa Kartini harus dimaknai dengan memposisikan diri bagaimana menjadi wanita tangguh dan berani.

Memakai Kartini, lanjut Ralin juga bisa dengan berkarya dan bekerja menjaga perdamaian lewat duta damai dengan cara memberikan dampak yang positif lewat tindakan yang nyata, mengcounter radikalisme dan terorisme melalui narasi positif di media sosial.

“Kamu boleh teriak, kamu boleh menangis, tapi tetap jangan menyerah. Terimakasih wanita wanita kartini,” tuturnya.

Di momen peringatan hari Kartini ini, Ralin mengajak seluruh perempuan Indonesia agar saling menguatkan dan membantu satu sama lain.

“Setiap wanita cantik. Apapun dia profesinya. Karena ketika seorang perempuan yang memimpin bukan hanya menggunakan akal, tapi perempuan pun menggunakan hatinya,” terangnya.

SHARE
Previous articleCerita Ramadhan Sunni-Syi’ah: Indah Sebab Berbeda
Next articleDuta Damai DKI Jakarta Adakan Buka Puasa Bersama 6 Pemuka Lintas Agama

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here