Bukan Melemah, Pemuda Memiliki Cara yang Semakin Beragam dalam Menggaungkan SUMPAH PEMUDA

0
604

Sumpah Pemuda. Gema lantang yang digaungkan kaum muda dari jaman sebelum Indonesia Merdeka, tepatnya pada tanggal tanggal 28 Oktober 1928. Suara kaum muda telah menjadi bagian dari bukti bahwa kaum muda menjadi peran penting dalam negara hingga Indonesia dapat merdeka. Semangat terhadap persatuan dan kesatuan kaum muda pada saat itu telah berhasil mengubah arah perjuangan bangsa Indonesia dari perjuangannya yang bersifat kedaerahan, menjadi Bersatu mengutamakan keutuhan NKRI.  Ditengah perbedaan Bahasa, suku, dan agama, berhasil menyatukan itu semua lewat satu ikrar yang digaungkan kaum muda yaitu SUMPAH PEMUDA.

Keberanian kaum muda dalam mengutarakan isi hatinya tidak hanya sampai disitu, setelah melewati berbagai hal dan waktu, kemerdekaan bangsa yang pada bulan agustus 1945 pun tidak lepas dari Gerakan keberanain kaum muda, dimana pada tanggal 1 Agustus 1945 kaum muda dan PETA dengan berani menculik Presiden Soekarno, untuk melakukan narasi kemerdekaan lewat teks proklamasi di tanggal 17 Agustus, yang dikenal hingga saat ini yaitu dalam Peristiwa Rengasdengklok.

Dalam sejarahnya kaum muda Indonesia selalu menunjukkan keberanian untuk mengekspresikan isi hatinya lewat Langkah-langkah yang dapat dikatakan cukup menantang, sehingga Indonesia saat ini bisa dikatakan semakin mengarah ke negara maju. Setelah melewati peristiwa-peristisa yang menarik dalam sejarah perkembangannya pada masa kemerdekaan, tidak selesai sampai disitu perjuangan yang telah dan terus dilakukan oleh kaum muda bangsa Indonesia.

Melanjutkan perjuangan demi bangsa, Kaum Muda Indonesia tidak habis masa untuk menunjukkan sifat keberanian turunan dari kaum muda sebelumnya, seperti ketika tahun 1960-an, melihat dari pengalaman terhadap presiden Pendahulunya dan pada tahun 1998 dimana ketika para pemuda melihat sikap kediktatoran Jenderal Soeharto, Pemuda Indonesia juga tak hentinya memberikan dan menyuarakan suara hati mereka dengan melakukan demo yang berhasil menurunkan Presiden Soeharto pada saat itu.

Sekarang ini, gaungan yang dilontarkan pemuda seperti kurang terlihat, tidak seperti generasi pendahulunnya, tapi seiring perkembangan zaman, gaungan pemuda bangsa memiliki cara mereka tersendiri untuk mengungkapkan dan menggaungkan suara nya,di masa sekarang pemuda bergerak dan melakukan karya-karya indah guna menyatakan sumpahnya sebagai pemuda bangsa Indonesia. Hal ini dapat dilihat ketika baru-baru ini Putri Ariani sukses menarik perhatian dunia lewat ajang pencarian bakat America’s Got Talent, Cakra khan yang juga berhasil menarik perhatian lewat ajang pencarian bakat America’s Got Talent.

Selain dari ajang Tarik suara, kaum muda Indonesia juga memiliki karya-karya film yang sampai ke festival film internasional, seperti film Gundala, Yuni, Penyalin Cahaya, Dear to me, dan juga seperti yang baru-baru ini, film yang berjudul Budi Pekerti tayang dan berhasil sukses masuk kedalam ajang festival film internasional Toronto, Kanada.

  Tidak hanya pada konteks seni, Indonesia juga memiliki kaum muda yang inspiratif seperti Dian sastrowardoyo yang pada tahun 2017 sempat berpidato di acara Bali Democracy Student, dan terus aktif menyuarakan kebutuhan perdamaian untuk generasi yang akan datang.

Masih banyak kaum muda lainnya yang memberikan dampak baik dan menggaungkan suara pemuda bangsa ke dunia international. Sekarang ini, keresahan yang kaum muda sampaikan bukan lagi hanya sebatas mengenalkan pemuda di negaranya, melainkan mengenalkan pemuda bangsa ke kancah internasional.

Dalam rangka memperingati sumpah pemuda kemarin sebagai kaum muda kita layak untuk terus bersuara, menggaungkan lagi suara suara kaum muda guna terus mempertahankan karakter anak muda bangsa, agar tidak semakin memudar karakter pemuda/I bangsa ditelan zaman.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here