Cinta dan Damai dari Nissa Sabyan

0
254

Siapa yang tidak kenal dengan sosok perempuan berparas cantik Khoirunnisa atau dikenal dengan Nissa Sabyan. Nissa dikenal pada tahun 2019 saat group musik gambusnya bernama Sabyan dikenal masyarakat karena lagu yang dicover oleh mereka dengan judul Deen Assalam .

Lagu tersebut berasal dari negerinya King Salman yang pasti berbahasa arab karya Sulaiman al Mughni. Lagu ini memiliki arti yang sangat mendalam tentang cinta dan damai. Deen Assalam yang berarti Agama Perdamaian ini tidak lain dan tidak bukan mengajarkan kita agar memahamai arti toleransi terutama dalam beragama. Seperti dalam bait pertama lagu ini yaitu

Kalla hadzil ard mataqfii masahah
Lau na’isibila samahah
Wanta’ayasna bihab
Lau tadiqil ardi naskan kalla kolb

Artinya

Seluruh bumi ini akan terasa sempit
Jika kita hidup tanpa toleransi
Namun jika hidup dengan perasaan cinta
Meski bumi sempit kita kan bahagia

Begitulah lirik pertama saat didengar oleh masyarakat Indonesia yang dilantunkan oleh Nisa dengan suara bagai kicauan bul-bul bahagia. Apalagi dengan lirik kedua, yang memberikan pesan tersirat agar kita berperilaku sopan santun dan berucap dengan tidak kasar kepada sesama makhluk Tuhan yang Maha Esa.

Abtahiyyat wabsalam
Ansyuru ahlal kalam jainuddin yahtirom
Abmahabbat wabtisam
Ansyuru bainil anam hadahu din assalam

Artinya

Melalui perilaku mulia dan damai
Sebarkanlah ucapan yang manis
Hiasilah dunia dengan sikap yang hormat
Dengan cinta dan senyuman
Sebarkanlah di antara ihsan
Ini lah Islam agama perdamaian

Betapa indahnya pesan yang disampaikan dari lirik ini. Seorang pemusik atau penyanyi sudah barang tentu ketika menyanyikan sebuah lagu pasti ia menyukai lagu tersebut. Begitu pula dengan group musik gambus Sabyan yang meng-cover lagu Deen Assalam dan meledak di pasaran industri musik Indonesia. Mereka mau tidak mau pun sangat menyukai lagu tersebut bahkan lebih dari itu, mereka mengajarkan kita semua tentang toleransi dengan kasih sayang dan cinta damai. Apalagi lagu Deen Assalam didendangkan oleh seorang gadis asal lumajang Nissa Sabyan. Terbukti dengan videonya dilihat sekitar 287 juta di akun youtube Official Sabyan Gambus hingga saat ini.

Maka dari itu, jika memang group musik gambus Sabyan saat menyayikan lagu ia menghayati dan menyukainya dan apalagi memiliki jiwa dakwah toleransi dan cinta damai maka kita saat ini yang mendengarkan lagunya diajari toleransi, cinta dan damai oleh Nissa dan teman-temannya dalam group musik Sabyan.

SHARE
Previous articlePemuda Tarekat dalam Bingkai Perdamaian
Next articleInternational Women’s Day : Perempuan Jadilah Liar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here