Duta Damai Jakarta Sasar Pelajar untuk Cegah Radikalisme Sejak Dini

0
556
Sumber: www.photos.com

Tindakan aksi terorisme yang terjadi di Indonesia baru-baru ini, membuat masyarakat geram. Hal itu diakibatkan oleh pemahaman yang sempit dan minimnya sosialisasi bahaya radikalisme dan terorisme.

Oleh sebab itu, Duta Damai DKI Jakarta sebagai bagian dari Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) akan memberikan pemahaman soal bahaya radikalisme dan terorisme terhadap pelajar yang tersebar di Ibu Kota.

Hal itu terangkum dalam agenda kegiatan bertajuk “Duta Damai Goes to School”.

Menurut ketua pelaksana goes to school, Martin Silitonga, tujuan agenda Duta Damai Goes to School adalah sebagai bentuk pengabdian Duta Damai Jakarta dalam melakukan upaya tindakan preventif terhadap radikalisme dan terorisme.

“Program ini hadir sebagai bentuk edukasi, memperkenalkan dan menanamkan nilai-nilai toleransi. Mengajak untuk saling menerima sesama manusia,” ujar Martin saat dimintai keterangan, pada Kamis (1/4/2021).

Melalui program ini, Martin menambahkan pihaknya ingin mengajak anak-anak muda (khususnya kalangan SMA) untuk ikut bergerak dalam menyuarakan nilai-nilai toleransi. Sehingga, paham toleransi bisa menggaung dengan masif.

“Program ini sasarannya adalah anak-anak SMA yang berada di wilayah DKI Jakarta, adapun sasaran tersebut dipilih karena kami melihat bahwa edukasi tentang toleransi perlu ditanamkan sejak dini,” imbuhnya.

Lebih lanjut Martin mengungkapkan bahwa program ini sudah disosialisasikan kepada kepala FKPT sekaligus kepala Kesbangpol DKI Jakarta, juga beberapa pihak yang berkaitan.

“Kami juga sudah melakukan rapat koordinasi dengan dinas-dinas terkait. Sejauh ini, respons Pemrov DKI sangat mendukung program ini karena dianggap mengutamakan kepentingan kemanusiaan dalam menangkal berkembangnya paham-paham radikal,” terangnya.

Sementara itu, Koordinator Duta Damai Jakarta Aulia Trisia menjelaskan bahwa situasi dan kondisi tindakan radikalisme terorisme ini lebih rentan kepada mereka yang masih remaja. Maka dari itu, kata Aulia pemahaman toleransi dan juga ideologi pancasila diperlukan sejak dini.

“Harapannya dari rapat bersama kesbangpol, dinas pendidikan, kebudayaan, agama, pariwisata dan kreatif serta Kemenpora, bisa mendukung penuh kegiatan Duta Damai Jakarta ini ke depannya, dengan tujuan semakin luas menyebarkan damai di semua kalangan dan di seluruh Indonesia,” katanya.

Untuk diketahui, agenda Duta Damai Goes to School akan diselenggarakan Secara perdana pada 21 April 2021 dengan sasaran perwakilan dari pelajar yang tersebar di seluruh Jakarta.

SHARE
Previous articleSoal Bom di Makassar, Duta Damai Jakarta: Jangan Terprovokasi, Stop Sebarkan Foto dan Video Korban
Next articleWanita di Balik Teroris

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here