Karantina Wilayah: Upaya Rasulullah atasi Penyakit Menular

0
392
Karantina Wilayah: Upaya Rasulullah atasi Penyakit Menular

Perkembangan pasien terkonfirmasi COVID-19 Nasional terus bertambah dengan signifikan. Kasus terkonfirmasi positif mengidap COVID-19 mencapai 1285 orang. 1107 sedang dirawat, 64 sembuh dan 114 meninggal. Relawan peduli pencegahan penyebaran covid-19, Tirta Mandira Hudi atau yang dikenal dengan nama dr Tirta mendesak Pemerintah untuk melakukan karantina wilayah untuk memutus mata rantai penyebaran Coronavirus Disease 2019 ini.

Karantina wilayah adalah tindakan menerapkan karantina terhadap suatu daerah atau wilayah tertentu dalam rangka mencegah perpindahan orang, baik masuk maupun keluar wilayah tersebut, untuk tujuan tertentu yang mendesak.

Ternyata fenomena wabah virus seperti ini pernah dialami Rasulullah SAW. Beliau memerintahkan karantina wilayah kepada para sahabat. Wabah tersebut dikenal dengan sebutan “thoun”. Penyebaran wabah tersebut mirip dengan wabah pandemi corona.

حَدَّثَنَا حَفْصُ بْنُ عُمَرَ حَدَّثَنَا شُعْبَةُ قَالَ أَخْبَرَنِي حَبِيبُ بْنُ أَبِي ثَابِتٍ قَالَ سَمِعْتُ إِبْرَاهِيمَ بْنَ سَعْدٍ قَالَ سَمِعْتُ أُسَامَةَ بْنَ زَيْدٍ يُحَدِّثُ سَعْدًا عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنَّهُ قَالَ إِذَا سَمِعْتُمْ بِالطَّاعُونِ بِأَرْضٍ فَلَا تَدْخُلُوهَا وَإِذَا وَقَعَ بِأَرْضٍ وَأَنْتُمْ بِهَا فَلَا تَخْرُجُوا مِنْهَا فَقُلْتُ أَنْتَ سَمِعْتَهُ يُحَدِّثُ سَعْدًا وَلَا يُنْكِرُهُ قَالَ نَعَمْ

Telah menceritakan kepada kami [Hafsh bin Umar] telah menceritakan kepada kami [Syu’bah] dia berkata; telah mengabarkan kepadaku [Habib bin Abu Tsabit] dia berkata; saya mendengar [Ibrahim bin Sa’d] berkata; saya mendengar [Usamah bin Zaid] bercerita kepada Sa’d dari Nabi saw.  bahwa beliau bersabda: “Apabila kalian mendengar wabah “thoun” (lepra) di suatu negeri, maka janganlah kalian masuk ke dalamnya, namun jika ia menjangkiti suatu negeri, sementara kalian berada di dalamnya, maka janganlah kalian keluar dari negeri tersebut.” Lalu aku berkata; “Apakah kamu mendengar Usamah menceritakan hal itu kepada Sa’d, sementara [Sa’d] tidak mengingkari perkataannya Usamah?” Ibrahim bin Sa’d berkata; “Benar.” (HR. Al-Bukhāriy)

Menghadapi pandemi corona membutuhkan kesadaran dan sinergi bersama untuk mengkarantina diri dan wilayah. Rasulullah mengajarkan untuk tetap berada di rumah di wilayah kita. Jangan keluar kota, apabila ke tempat yang sudah berstatus Red Zone. Dan apabila kamu berada pada tempat yang berstatus red zone, jangan keluar dari tempat itu karena akan menulari orang lain.

Baca: Bersinergi Bersama Untuk Melawan Corona

Karantina wilayah harus segera dilakukan karena pertumbuhan wabah ini bersifat eksponensial, bukan linear . Seorang Pegiat Kawal Covid19 Septian Hartono mengatakan karantina wilayah penting diterapkan karena kasus corona di Indonesia banyak yang belum terdeteksi. Hal ini mengacu pada perhitungan yang dilakukan pihaknya.

“Kita membutuhkan kebijakan yang lebih agresif yaitu karantina wilayah untuk menjamin pemutusan rantai penularan untuk sementara dan memberikan waktu untuk pihak berwenang untuk menemukan, mengisolasi kasus-kasus yang belum terdeteksi ini dan contact tracing yang agresif dari kasus-kasus tersebut.”

SHARE
Previous articleBersinergi Bersama Untuk Melawan Corona
Next articleKumpulan HOAX tentang CORONA di Media Sosial

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here