Pemerintah Tetapkan KKB Papua Organisasi Teroris, Duta Damai Jakarta: Langkah yang Sangat Tepat

0
180

Koordinator Duta Damai Dunia Maya Badan Penanggulangan Pencegahan Terorisme (BNPT) Regional DKI Jakarta, Aulia Trisia mengapresiasi keputusan pemerintah yang resmi menetapkan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) dan organisasi yang berafiliasi di Papua sebagai daftar terduga teroris dan organisasi teroris (DTTOT).

Menurut Aulia, langkah pemerintah sangat tepat. Sebab, kata dia tindakan yang dilakukan oleh KKB Papua telah meresahkan dan mengganggu persatuan dan perdamaian yang sudah dibangun oleh bangsa Indonesia.

“Siapapun dan kelompok manapun, jika berpotensi melakukan kekacauan terhadap NKRI maka harus ditindak tegas,” ujar Aulia saat diminta keterangan melalui pesan singkat, pada Kamis (29/4/2021).

Hal itu, kata Aulia sesuai dengan UU no 5 tahun 2018 yang mengatakan bahwa siapapun yang berpotensi melakukan kekacauan terhadap NKRI maka perlu untuk ditindak tegas secara cepat sebelum terjadi.

Ia pun meminta kepada pemerintah agar segera mensosialisasikan kelompok teror papua ini sehingga masyarakat paham apa yang telah dilakukan kelompok tersebut dan siapa mereka.

Aulia menambahkan, pihaknya juga akan membantu pemerintah dalam mensosialisasikan kelompok teroris baru tersebut. Khususnya di kalangan anak muda.

“Duta Damai DKI Jakarta akan membantu pemerintah mensosialisasikan kelompok teroris baru yang sudah mengancam keutuhan NKRI itu,” imbuhnya.

Kepada masyarakat, Aulia berpesan agar tetap waspada dan tidak terprovokasi. Karena tindakan teroris bukan dilihat dari agama ataupun sukunya, melainkan oknum dan tindakannya.

Sebelumnya, pemerintah melalui Menteri Koordinator bidang Politik Hukum dan Keamanan Mahfud MD telah menetapkan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) dan organisasi yang berafiliasi di Papua sebagai daftar terduga teroris dan organisasi teroris (DTTOT).

“Pemerintah menganggap bahwa organisasi dan orang-orang di Papua yang melakukan kekerasan masif dikategorikan sebagai teroris,” ujar Mahfud MD dalam konferensi pers di kantornya, Jakarta Pusat, Kamis (29/4/2021).

SHARE
Previous articleDuta Damai DKI Jakarta Adakan Buka Puasa Bersama 6 Pemuka Lintas Agama
Next articleKenapa Manusia Diciptakan Beragam? Begini Pandangan Al-Qur’an

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here