Cegah Corona di Rumah, Ini 4 Hal yang Bisa Kamu Lakukan

0
158

Kemenkes secara resmi mengumumkan kasus terkonfirmasi positif COVID-19 di Jakarta mencapai 790 pada Hari ini, Kamis 26 Maret 2020. Pada laman resmi Pencegahan Corona Jakarta disampaikan bahwa saat ini belum ada obat khusus untuk pasien dengan COVID-19. Perawatan yang tersedia saat ini bertujuan untuk meringankan gejala. Pasien terkonfirmasi positif corona harus tetap terisolasi dari orang lain sampai Anda benar-benar pulih.

Sebagian besar negara di kawasan Eropa yang dilanda pandemik Corona mengambil langkah lockdown, yakni menutup akses masuk dan keluar negara tersebut. Sebagian lainnya memilih opsi nonlockdown, yakni dengan melakukan tes massal pada warga dan menerapkan kebijakan physical distancing alias jaga jarak, yakni membatasi interaksi fisik antarwarga. Indonesia memilih opsi kedua, yakni tidak menutup akses keluar-masuk negara, namun membatasi pergerakan masyarakat agar penyebaran Corona tidak kian masif.

Dalam membantu upaya pemerintah dalam menerapkan Physical Distancing, Ini 4 hal yang bisa kita lakukan saat di rumah

1.Berkebun di rumah

Banyak yang tidak menyadari bahwa berkebun merupakan aktivitas fisik yang memiliki intensitas setara dengan lari di atas treadmil berkecepatan 5 km/jam. Selain mempercantik halaman rumah, dengan menyisihkan beberapa menit sehari untuk merawat tanaman Anda juga telah meningkatkan kesehatan jantung.

Berkebun bukan hanya baik untuk fisik, tetapi juga untuk kesehatan otak. Penelitian yang ada dalam Journal of Alzheimer’s Disease, mengatakan bahwa berkebun dapat melindungi kesehatan kognitif, meningkatkan volume otak, dan menurunkan risiko alzheimer hingga 50 persen.

2. Mengembangkan Bakat di Rumah

Inilah saatnya kita menggali bakat kita di rumah. Jangan biarkan waktu yang luang ini terbuang sia-sia di rumah. Minta bantuan adik/kakak untuk mengembangkan bakat kita. Selanjutnya, manfaatkan media sosialmu untuk mempublikasikan bakatmu kepada teman-temanmu yang juga sedang berada di rumah. Minta mereka memberikan kritik dan saran agar potensimu benar-benar bisa berkembang dengan baik.

3. Membersihkan dan Menata Ulang Dekorasi Rumah

Seringkali dekorasi rumah yang gitu-gitu aja, membuat kita bosan dan tidak nyaman di rumah. Ajak keluargamu untuk bersama membersihkan rumah dan mendekor ulang rumahmu. Manfaatkan waktu di rumah aja dengan quality time bersama keluarga. Carilah referensi di internet mengenai macam-macam dekorasi rumah. Tentukan dekorasi yang sesuai dengan selera keluargamu agar momen physical distancing ini tidak terasa menjenuhkan.

4. Nonton film bersama keluarga di rumah

Mungkin hanya sedikit orang yang tahu jika menonton film memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan terutama untuk pikiran dan kejiwaan. Aktivitas menonton film di rumah memang sering dijadikan sebagai sarana untuk menghibur diri. Hal ini dikarenakan manfaat menonton film bisa menghilangkan kepenatan. Alur cerita yang seru disertai dengan suguhan adegan-adegan yang mengagumkan bisa membuat Anda lupa akan kelelahan pada hari-hari biasa.

Selain itu, menonton film di rumah juga dapat meningkatkan pengetahuan. Ini dikarenakan ada banyak informasi baru yang tersaji di dalam film tersebut. Oleh karena itu, pilihlah film-film yang berkualitas yang diproduksi oleh rumah produksi dengan reputasi positif.

SHARE
Previous articleWASPADA! Info HOAX Corona Membabibuta
Next articleBersinergi Bersama Untuk Melawan Corona

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here