Kemhan RI Bersama Duta Damai DKI Jakarta Siap Bersinergi Jaga Perdamaian di Indonesia

0
700

Kementerian Pertahanan Republik Indonesia (Kemhan RI) bersama Duta Damai DKI Jakarta siap bersinergi untuk menjaga perdamaian di Indonesia. Hal itu diungkapkan oleh Dirjen Strahan Kemhan RI yang diwakili oleh Yudi abrimantyo saat menerima kunjungan dari Duta Damai Jakarta di ruangannya, pada Rabu (24/3/2021).

Menurut Yudi, perdamaian tidak bisa dilakukan oleh pemerintahan saja, melainkan perlu peran semua elemen masyarakat, terutama anak muda.

Lebih lanjut, ia mengungkapkan perdamaian yang perlu ditangani sangat banyak dan perlu cara yang masif.

“Kasus perpecahan akibat terorisme-radikalisme sudah lama berdampak buruk bagi kesatuan bangsa, mengingat tindakan tersebut jauh dari nilai-nilai Pancasila dan keIslaman yang toleran,” ujarnya.

Ia menceritakan bahwa isu perpecahan yang saat ini menjadi fokus serius pemerintah adalah tentang Organisasi Papua Merdeka (OPM). Berdasarkan pengalaman lapangan Kemhan, kata Yudi, ancaman tersebut sangat berbahaya karena adanya intervensi negara lain untuk menghancurkan Indonesia secara bertahap.

Oleh karena itu, Yudi meminta agar Duta Damai mengepakkan sayapnya untuk membentuk Duta Damai regional Papua sebagai bagian dari penjaga perdamaian di daerah timur tersebut.

“Duta Damai sebagai representatif dari anak muda BNPT RI yang sudah tersebar di 13 Provinsi harus segera ekspansi pembentukan Duta Damai Regional Papua dan Regional-regional Indoesia bagian Timur,” ungkapnya.

Oleh sebab itu, ia meminta kepada anak-anak muda dalam hal ini Duta Damai Jakarta untuk tidak boleh lepas dari kepedulian terhadap perdamaian di Indonesia.

“Perpecahan bukan hanya mengenai ancaman isu-isu SARA. Perpecahan juga bisa disebabkan oleh gerakan-gerakan intervensi dari luar negeri yang ingin melihat Indonesia hancur. Apapun itu, masalah ekonomi, budaya, agama, pendidikan, keamanan dan lain sebagainya harus kita pedulikan. Jangan biarkan oknum manapun menghancurkan Indonesia,” tandasnya.

Sementara itu, Wakil Koordinator Duta Damai Jakarta Bintang Siregar menuturkan bahwa maksud dan tujuannya melakukan kunjungan ke Kemenhan adalah untuk silaturrahmi dan memaparkan program kerja untuk disinergikan bersama Kemhan.

“Tujuan awal kami menyambung silaturahmi, memperkenalkan Duta Damai kepada Kemhan, kami menguraikan apa maksud dan tujuan adanya duta damai bentukan dari BNPT RI, kami memaparkan produk-produk duta damai, dan menyampaikan beberapa program kerja duta damai,” terangnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here