Pemuda untuk Perdamaian Indonesia Berlandaskan Pancasila

0
173

Indonesia adalah Negara kepulauan dengan berbagai macam suku, agama, budaya, adat istiadat, bahasa yang kaya raya. Dari sinilah negara Indonesia menghasilkan penduduk dengan latar belakang yang berbeda. 

Dari Sabang sampai Merauke pulau-pulau yang berjajar rapih dan indah adalah rahmat Tuhan yang luar biasa yang harusnya bisa dijaga, dirawat serta saling melindungi aatu sama lain agar tidak ada perpecahan antara suku ataupun agama di negara ini.

Pada saat ini permasalahan yang terjadi di masyarakat yaitu mudahnya diadu domba, salah satunya termakan berita bohong (Hoax) yang dapat memecah belah bangsa ini. Saat ini, pemuda dipandang sebagai salah satu ujung tombak pembangunan dan pembawa perdamaian di masa depan. Pemuda memiliki pengaruh yang cukup kuat untuk menciptakan perdamaian.

Pemuda yang selalu punya pikiran kreatif dan inovasi terbaru, dianggap memiliki peluang besar untuk ikut berpartisipasi dalam perdamaian dunia. Akan tetapi, belum banyak pemuda yang menyadari posisi strategisnya tersebut.

Sebagai generasi penerus bangsa pemuda harus bisa menunjukan eksistensinya kepada masyarakat, bahwa pemuda bukanlah hal yang identik dengan kekerasan atau hal-hal negatif lainnya.

Tetapi pemuda adalah orang-orang yang memiliki daya intelektual yang positif yang bisa membawa perubahan bagi bangsa dan negara di masa depan.Pemuda merupakan penerus perjuangan generasi terdahulu untuk mewujudkan cita-cita bangsa. Pemuda menjadi harapan dalam setiap kemajuan di dalam suatu bangsa.

Pemuda lah yang dapat merubah pandangan orang terhadap suatu bangsa dan menjadi tumpuan para generasi terdahulu untuk mengembangkan suatu bangsa dengan ide-ide ataupun gagasan yang berilmu, wawasan yang luas,serta berdasarkan kepada nilai-nilai dan norma yang berlaku di dalam masyarakat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here