Mensyukuri Keberagaman Sebagai Jalan Perdamaian

0
352

Belakangan ini masalah kerukunan umat beragama harus terus kita perhatikan secara seksama karena dari masa ke masa semakin berubah. Agama memainkan peranan yang penting dalam segala aspek kehidupan manusia. Di sisi lain realitas kehidupan kita sangat beragam apabila tidak melihatnya secara arif dan bijaksana, konflik sering tidak dapat kita hindari sebagai akibat dari perbedaan yang ada.

Padahal Kerukunan umat beragama merupakan modal utama dalam menjaga integritas Negara Kesatuan Republik Indonesia. Dengan harapan masyarakat bisa menerima segala bentuk perbedaan juga hidup berdampingan secara damai. Ditambah dengan nilai-nilai kemanusiaan akan lebih diutamakan daripada saling berselisih perbedaan ideologi atau keyakinan, toleransi antar sesama umat akan bernilai tinggi dan tidak akan mudah menghujat paham yang berbeda beda. Kerukunan antar umat beragama merupakan dasar dari perdamaian, Buah dari kerukunan antar umat adalah perdamaian. 

Oleh karena itu sudah seharusnya kita mengajak segenap unsur bangsa untuk lebih mempererat persatuan, lebih bijak, lebih kukuh dan lebih kuat dalam menghadapi kondisi saat ini. Menjadikan keberagaman sebagai anugerah kehidupan, Layaknya burung rajawali, kita harus peka, tenang membaca situasi, tidak banyak bicara, punya penglihatan tajam, pandai dalam strategi dan taktis, kukuh, serta kuat. Pada awal kehidupannya, rajawali tidak mudah untuk terbang tinggi. Rajawali mengajari menjadi pribadi yang bisa terbang tinggi menggapai impian. Filosofi burung rajawali menggambarkan bahwasanya kita harus saling merangkul semua kalangan dan bersama-sama menggagas sifat baik darinya sebagai simbol pemersatu. Hingga kita menyadari bahwa mensyukuri keberagaman sebagai jalan menuju perdamaian. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here