SUDAHKAH SEMUA ORANG MEMPEROLEH HAM?

0
65

Pada tanggal 10 Desember 2020 kemarin ialah hari HAM (Hak Asasi Manusia) sedunia. Sosial media ramai sekali dengan ucapan hari HAM sedunia mulai dari akun pribadi, komunitas, organisasi, bahkan pemerintahan. Tidak sedikit juga yang mem-posting ucapan hari HAM dengan menggunakan desain cukup menarik. Realitanya memang HAM adalah satu hal yang sangat penting diketahui oleh siapa saja.

      Namun, apakah HAM sudah didapatkan oleh semua orang? Apakah semua kalangan sudah mendapatkan haknya? Karena memang tidak cukup HAM diperingati hanya dengan tulisan dan gambar saja melainkan aksi nyata juga sangat diperlukan. Seperti orang yang mengidap HIV AIDS, apakah sudah mendapatkan haknya untuk tidak didiskriminasi sebagai manusia? Karena yang harusnya dijauhi penyakitnya, bukan manusianya. Kemudian kepada anak-anak penyandang disabilitas, apakah sudah mendapatkan akses yang memadai di sekolahnya? Karena itu berpengaruh dengan pendidikan dan ilmunya, juga akhirnya berpengaruh ke masa depannya. Masih banyak juga kalangan-kalangan minoritas lain yang masih berjuang untuk mendapatkan haknya. Inilah yang menjadi tugas kita bersama sebagai sesama manusia.

        Agar HAM terpenuhi bagi seluruh kalangan minoritas, perlu ada upaya yang lebih serius. Tidak lain dan tidak bukan dimulai dari diri kita sendiri. Misalnya dimulai dari diri kita dengan tidak mengolok-ngolok orang yang memiliki penyakit dan menghargai haknya, maka orang lainpun akan meniru. Jangan bosan juga memberikan edukasi untuk saling menghargai dengan cara yang baik dan menyenangkan. Bisa dengan diskusi jarak jauh saat pandemi ini, atau yang lainnya. Yuk wujudkan HAK ASASI MANUSIA sebagai mana semestinya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here